Monday, September 2, 2013

Tau-kah kamu tentang Freeze Panes...??

Freeze panes adl tombol untuk membuat row (baris) dan column (kolom) di excel-mu tetap terlihat meski kmu scroll ke bawah dan ke samping kanan, dimana file excelmu sangat panjang ke bawah atau ke arah samping kanan.

Berikut gambar untuk menjelaskan tentang Freeze Panes :


(Klik gambarnya untuk memperbesar)


 

(Klik gambarnya untuk memperbesar)

Keterangan :

Dari gambar pertama, terlihat lingkaran biru yg rownya berurutan 2,3,4,5.....setelah di scroll turun ternyata row ke-2 tetap (karena di freeze panes) tp row ke-3,4,5 bergerak menjadi 15,16,17,dst.

Nah, dari penjelasan gam,bar di atas apa masih kurang paham...?? Sangat aneh jika para pengguna Microsoft Office, terutama excel, masih belum mengerti tentang Freeze Panes....hehehe. Tapi bagi newbie yang maish kursus komputer microsoft office, gw rasa ini bermanfaat koq :)


Penasaran dengan caranya....?!?!

Berikut caranya :

1. Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu batasan mana yang akan di Freeze Panes. Freeze Panes hanya mengambil batas atas dan samping kiri-nya. Ada yang cuman batas atasanya saja, ada pula yang batas kirinya saja. Berikut gambar yang mungkin bisa menjelaskan seribu kalimat gw tadi hehehe :

(Klik gambarnya untuk memperbesar)


2. Setelah ditentukan batas atas dan kirinya, selanjutnya klik tab "view", pilih Freeze Panes. Disitu ada 3 pilihan, Freeze Panes atas dan kiri, atas saja, atau kiri saja. Berikut gambarnya :

(Klik gambarnya untuk memperbesar)


3. SEMOGA BERMANFAAT..... ^_^


Ingin tau tentang ROWS TO REPEAT AT TOP di Excel....?? Klik DISINI






Review http://beda-ajah.blogspot.com/ on alexa.com

9 komentar:

  1. wah kereen.. simple banget tutorialnya.. jadi tambah pengetahuan deh belajar excelnya.. terima kasih ya sob berbagi pengetahuannya.. sangat bermanfaat. ^^^

    ReplyDelete
  2. Nice inpoh sobat , jadi inget saat dulu di bangku smp paling hoby belajar excel :) . keep blogging dan salam blogger :)

    ReplyDelete
  3. friendly visit .. survived the activities

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. @JIM : hahaha..... ini mah sbnrnya hal simple bro. Tp biar blog kita ga sepi aja siy, so bikin artikel yg sepele namun jarang di publikasikan krn org cenderung banyak yg udah tau..... hehehe :)

      Delete
  5. Nahhh..ini mantef banget bang aku suka banget trims ya bang..hahahyy

    ReplyDelete
  6. Wah dapat ilmu lagi nich... trimakasi telah berbagi

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini, tapi jangan ngarepin komentar balik dari saya....ha ha ha. Semoga komentar anda dibalas dengan semakin populernya blog anda dimana-mana.....karena komentar adalah sebagian dari perjuangan.

Daftar isi