Thursday, July 22, 2010

Inget-inget jaman dulu waktu masih kuliah. Ada file-2 penting model "Bandung Lautan Asmara" yang pemeran-nya adalah mahasiswa itenas. Sampe-sampe file-nya dihidden di sebuah folder dengan nama SKRIPSIKU (coz dicampur ma skripsi, tp file bandung lautan asmara tadi dalam kondisi hidden)....he he he.

Teknik hidden file pertama kali diajari ma temen kuliahku (yang juga guru awalku kenal ma komputer). Masih sangat sederhana, coz bisa dibuka melalui folder option. Cuman kalo kejadiannya waktu itu siy udah luar biasa banget deh...he he he maklum, dulu komputer itu masih barang awam.

Bayangkan saja bro, aku dari dulu pengen belajar komputer ga pernah keturutan. SMP aja (kelas 2) masih belajar DOS (dan udah lupa :p). SMA (baru kelas 1 cawu 2) mulai kenal windows.....dan cawu 3-nya sebanyak 22 komputer di sekolahku amblas di embat maling. (Mangkel dan sakit ati bgt)......

Hingga kuliah, aku masih belum menjamah komputer lho (kira-2 semester awal).

Kira-2 semester 2-3 baru deh mulai kenal ma komputer di warnet. Si temenku (yg namanya hidayat) inilah yg suka ngajakin ngenet. Awal mula baru kenal bikin email di bolehmail, trs di yahoo, lalu kenal YM, maju lagi ke FS, maju lagi ke MIRC, maju lagi ke cara donlot/cari file di mbah google, dst....hingga sekarang kenal ma blog.

Lha koq malah curhat to...?? wkwkwkwk.... yo wislah, lgsng ke inti-nya saja. Teknik hidden file ini (mungkin) udah banyak yang tahu. Nah aku cuman nambahin sedikit teknik kecil sebagai pelapis untuk memperkuat supaya tuh file semakin klop ketika di hidden sehingga ga sembarang orang bisa buka kalo ga tau caranya.

Berikut teknik hidden file lapis 2 ala bebas blog :

LAPIS 1, DENGAN SECURITY DI FOLDER.

1. Buka windows explorer. Cari file yang akan di hidden. Saran saya, semua file itu dimasukkan ke dalam sebuah folder ya....!!

Sebelum memulai meng-hidden file, lihat dulu beberapa settingan folder option-nya

Caranya klik tools lalu pilih folder option



















2. (POIN PENTING) Di folder option, kmu pilih view dan PASTIKAN SETTINGAN "hidden files and folders" dalam kondisi DO NOT SHOW HIDDEN FILES AND FOLDERS. (Nanti akan dijelaskan pada poin selanjutnya)























3. (POIN PENTING LAGI) Scroll lagi turun dan cari tulisan USE SIMPLE FILE SHARING (RECOMMENDED). PASTIKAN CENTANG/CONTRENG pada tulisan itu dalam kondisi BELUM DI CONTRENG/CENTANG. (Nanti akan dijelaskan pada poin selanjutnya)


























4. OK, kita mulai melakukan hidden file-mu hingga 2 lapis. Pertama anggap aja folder yg akan di hidden (spt gambar di bawah ini, yaitu folder ARISAN) kalian klik kanan dan pilih properties.






















5. Pilih tab GENERAL. Lalu centang/contreng HIDDEN. Setelah itu di tab SECURITY, pastikan kmu contreng/centang DENY semua-nya. Lalu klik OK deh... (lihat 2 gambar berikut ini ya)


















































6. Jika keluar pertnyaan kaya gambar di bawah ini, pilih/contreng aja "apply changes to this folders, subfolders and files" lalu klik OK.

















SETELAH ITU FILE-MU AKAN LENYAP DEH.... (klo ga, file-nya bayang-2 gitu, dan kmu bisa re-fresh dengan tekan F5 biar ilang).

Nah, balik lagi ke FOLDER OPTION. Pada tab view, scroll turun dan cari tulisan USE SIMPLE FILE SHARING (RECOMMENDED). Kali ini kasih centang yaa.... (kebalikan dari point 3, POIN PENTING LAGI).

Ini adalah penjelasan dari point 3 tadi : Coba bandingkan, jika USE SIMPLE FILE SHARING (RECOMMENDED) di contreng sama ga dicontreng....?? kmu bisa lihat perbedaan-nya ketika file tersebut kmu klik kanan dan pilih properties kaya point 4.

Intinya USE SIMPLE FILE SHARING (RECOMMENDED) itu adalah "tombol buat nongolin/ngumpetin tab SECURITY di properties sebuah folder". So, klo kmu contreng deny berarti folder itu ga bakal bisa dibuka.



Aku anggap paham ya, coz aku capek nulisnya niy.... :)

Oiya, untuk melihat dan mengembalikan file-mu yang udah di hidden.....di FOLDER OPTION kmu pilih tab VIEW dan pilih tulisan SHOW HIDDEN FILES AND FOLDERS.

Berikut ini gambar sebuah folder yang ga bisa dibuka karena tadi security-nya di contreng DENY




Untuk mengembalikan settingan di atas, tinggal pilih SHOW HIDDEN FILES AND FOLDERS dan ilangin contreng USE SIMPLE FILE SHARING (RECOMMENDED). Lalu klik kanan filemu, hilangkan contreng HIDDEN di tab GENERAL dan juga hilangkan contrengan DENY di tab SECURITY-nya.


OK DEH, LAPIS PERTAMA HIDDEN FILE-NYA TERJAWAB. YAITU DENGAN SECURITY TADI... :D


LAPIS 2, NGUMPETIN FOLDER OPTION DENGAN GPEDIT.MSC :D


1. Masuk ke run, ketik regedit.















2. Pilih USER CONFIGURATION, lalu pilih ADMINISTRATIVE TEMPLATES, lalu pilih WINDOWS COMPONENT. dan terakhir pilih WINDOWS EXPLORER. Di kolom sisi kanan, cari tulisan REMOVES THE FOLDER OPTIONS MENU ITEM FROM THE TOOLS MENU dan lakukan klik kanan teruh pilih PROPERTIES.



















3. Di PROPERTIES, setting/contreng ENABLE lalu klik OK. Selesai deh, dan sekarang di cek apakah FOLDER OPTION nya udah ilang dari WINDOWS EXPLORER apa belum.


























4. Nah, ternyata dalam pengecekan FOLDER OPTION-nya ilang....wah, berarti kmu sukses bro.




















Itu artinya filemu udah diHIDDEN, di SECURITY, lalu tombol folder optionnya di ilangin juga.....byoh...byoh....emng segitu pentingnya ya file- itu.... he he he.

Besok akan aku ajarin juga deh, caranya mengunci GPEDIT.MSC nya he he he

Oiya, untuk mengembalikannya, ya pahami aja cara kerja-nya ini.


SEMOGA BERMANFAAT BRO.... :)



Review http://beda-ajah.blogspot.com/ on alexa.com

5 komentar:

  1. hahaha.
    segitu juga udah cukup sob.
    Thanks atas ilmunya. :)

    ReplyDelete
  2. mantabs sahabat, ijin di-save ya sob ... salam

    ReplyDelete
  3. kereeeen... manteb nih ngumpetinnya, bener" ngerepotin klo mo buka nya wakwakwakwa... bs jg dikombinasikan pake compresser kek winrar pake password, tambah susah lg tuh :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini, tapi jangan ngarepin komentar balik dari saya....ha ha ha. Semoga komentar anda dibalas dengan semakin populernya blog anda dimana-mana.....karena komentar adalah sebagian dari perjuangan.

Daftar isi