Wednesday, March 17, 2010

Apa yang dimaksud dengan Bandwidth?

Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah

1. data yang keluar +
2. masuk/upload +
3. download ke account-mu.

Berhitung Bandwidth :

Klo lu nerima/ngirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori :

untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) kamu bisa *kirim* 250.000 (teko 1.000.000 KB dibagi 4 KB = 250.000) email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima.

Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth meski pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau lu upload gambar/file ke friendster, FB, account lainnya dan sebagainya).

Bandwidth/Site Traffic dihitung per bulan.

Klo Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSLmu, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.

Gimana teman-2.....?!?! Sudahkah anda memahami pengertian dasar dr bandwitch...??!!

Klo sudah paham, berikut gw mo kasih contoh cara menghemat bandwidth by email.....biar ga terlalu mahal n boros bo’.

Menghemat bandwidth lewat email :

1. Hindari spam, bombing.

Spamming adalah pengiriman email secara berulang-ulang dengan topik berbeda atau sama. Biasanya bro, spam tuh berisi penawaran informasi, produk, jasa dll yg tidak kita butuhkan.

Sedang email bomb adalah pengiriman email dengan subject sama secara bertubi-tubi dengan maksud mailbox penerima cepat penuh. Iki juga mangkelno ati loh.

Termasuk spamming adl mengirim email terlalu sering, kecuali diminta…wkwkwkwk

Kenapa? Itu karena yang dikirimi email akan ngerasa jenuh. Memang kita kadang menyangka kalau orang yang kita kirimi email akan selalu merasa senang. Padahal belum tentu. Apalagi kalau isi emailnya itu-itu saja. Supaya tidak membosankan, kirimlah email lagi kalau kamu sudah mendapat balasan. Tapi jangan juga terlalu lama tidak mengirim email. Teman anda bisa lupa....hehehe


2. Jangan memforward email tanpa diedit.

Seringkali lu punya berita bagus yang perlu lu teruskan/forward ke orang lain. Kalau setting si penerima masih manual, pesan yang diforward itu setiap line akan dihiasi oleh banyak tag spt signature-ku dibawah ini, gambar animasi, dll. Usahakan tag-tag ini dibuang dulu biar email kelihatan rapi dan beban bandwidth tidak besar. Coz semakin rame / semakin bnyk isi sebuah email, maka bandwidth jg semakin mahal. Kalau lu orang pertama yg memforward, baru satu tag saja setiap barisnya. Tapi kalau lu yang ke 2, 3, 4 dst, maka tagnya terus bertambah. Email jadi jd banyak, bandwidth mahal, dan terlihat ga rapi. Mending hapus aja tag-2 itu. So...... JANGAN MEMFORWARD EMAIL TANPA DI EDIT

Klo dikombinasi dgn point 1 bagus juga loh...”jangan terlalu sering dlm memforward alias spamming”


3. Body reply jangan dikirim semua.

Lama-lama email yang kita reply akan tertambah sizenya. Hal ini terjadi karena tiap kali kita membalas email, seluruh email yang akan kita balas kita kirimkan lagi. Untuk menghindarinya, hapuslah sebagian body email yang akan kita reply. Sisakan kalimat-kalimat yang perlu kita jawab saja.


4. Jangan tanggapi email ga jelas model TBC (Takhayul, Bid’ah, Khurafat.....C-nya ga nyambung bro :D)

Lu mungkin pernah menerima email yang menyuruhmu untuk meneruskannya ke sejumlah orang, supaya bernasib baik. Kalau tidak diteruskan ke sekian orang, maka anda akan ketimpa sial. Email semacam ini jangan ditanggapi. Teruskan saja ke tong sampah. Kadang juga nongol di YM-2 loh....hehehe. (Klo YM mah, ga mlsh)


5. Jaga account orang lain.

Kalau lu mereply atau berkirim email, jangan sertakan email-email yang tidak anda kenal atau yg lu kenal dalam heading “To” nya. Kalau itu lu lakukan, sama saja anda memaksakan anak gadis anda berkenalan dengan lelaki yang bukan muhrimnya (ciiee....koyo ulama). Akibatnya accaount email-email orang yang muncul di email orang lain, bisa tersebar luas, dibajak,dan dispam. Kalau terpaksa mengirim email ke puluhan atau ratusan orang, gunakan header BCC (blind carbon copy), supaya alamat-alamat email yg banyak itu tidak muncul di halaman muka penerima email anda.

Mbulet yoo, letak hubungannya ma bandwidth dimana ya....?!?! :D


6. Hindari kalimat singkat dalam mereply.

Ini penting loh. Misalnya ketika gw kirim ”berbagi ilmu”....trs ternyta diantara kalian semua ada yg senang dgn artikel ini, lalu kmd tanpa sadar me’reply all’ dgn ucapan : makasih ya mas.....tp kalimat singkat ini terkirim ke semua alamat.....wah, ini juga merupakan pemborosan bandwidth loh. Saran gw, klo sebatas ”makasih”, “oh ya?” atau “enak ya”, “benarkah” dan semacamnya....kirimnya ke alamat yg bersangkutan aja. Hapus alamat yang lain, hapus juga konten ”berbagi ilmu”-nya biar ga terlalu banyak KB yg terkirim. Ato jauh lebih baik lagi, cukup disampaikan ke YM....coz kalimat ungkapan begitu cuma bikin gregetan dan hanya pantas diketik di chating saja.....hehehe


7. Cek ulang sebelum di “send”.

Setelah email rapi ditulis, luangkan waktu untuk mengecek ulang ejaan, susunan kalimat dan kalau perlu tata bahasanya. Sebab sekali tombol “send” kita klik, tidak bisa dicancel atau dibatalkan. Semuanya langsung terkirim ke recipient dalam hitungan detik. Gunakan bahasa yg pas, hemat dan tepat sasaran. Semakin bnyk tata bahasa, semakin bertambah beban KB email, semakin banyak bandwitch yang digunakan


8. Sing sabar dalam menerima balasan.

Kalau sudah dikirim, sabarlah menanti balasannya. Sebab tidak semua orang punya akses yang mudah untuk berinternet ria. Tidak semua orang punya waktu luang membaca email-emailmu. Yang sabar yaa......dan jangan diulang lagi email yang udah dikirim...wkwkwkwk.

Tips menghemat bandwidth selain by email (jika sampeyan semua pengguna IE/Internet Explorer dan Firefox), yaitu : menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound
____________________________________________________________________


Jika kmu melakukan browsing ke suatu situs dan hanya membutuhkan info text nya saja di situs tersebut, kamu bisa menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound dengan cara :

1. IE : Tools -> Internet Options -> Advanced -> cari sendiri (coz blm dicoba lebih lanjut :D)

2. Firefox : Tools -> Options -> Content -> Multimedia -> Matikan centang “ Play sounds in web”, “Show images…”, “Play animation….”, “Show picture….” (pokoknya diantara ini-lah….hehehe maklum, blm dicoba lebih lanjut)


Sebenarnya, dengan menonaktifkan sound, animasi, dan terutama gambarnya….secara ga langsung membuka IE bisa lebih cepat loh. Tapi semua gambar-2nya jd ga ga bs dilihat, jika ingin men-search sebuah gambar :D di google/yahoo/dkk.

Tips lain menghemat bandwidth, yaitu tentu saja menahan diri untuk tidak memakai internet selama kerja.....hehehe. Pakailah internet di jam-2 tertentu, tidak sepanjang hari n jam kerja. Kapan saat-2 tertentu itu...?? Hanya kalian-2lah yang tahu bagaimana me-manage jam berinternet yang baik.

Semoga artikel ini bermanfaat.



3 komentar:

  1. makasih sob infonya...hehehe..bandwitch ku cepet habis jadinya internet jd menyusut kecepatannya...trus kalo udah nyusut gini repot dah :)

    ReplyDelete
  2. Koreksi: bukan bandwitch tapi bandwidth. Thanks.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini, tapi jangan ngarepin komentar balik dari saya....ha ha ha. Semoga komentar anda dibalas dengan semakin populernya blog anda dimana-mana.....karena komentar adalah sebagian dari perjuangan.

Daftar isi