Thursday, December 31, 2009


Aku kenal blog sekitar juni 2008. Namanya juga penasaran, akhirnya coba-2 mencari tau cara bikinnya. Maklum, fasilitas dr kantor yg bisa internetan 24 jam penuh ga bakal aku sia-sia'in. Khan sayang klo kita gaptek....he he he.

Internet tuh dunianya sangat luas bro. Semua ilmu dan hal yang pingin kita ketahui, biasanya gampang banget dan cepat bisa kita peroleh di internet.

Prasaan, banyak omong juga aku ini.....he ha hi hu ho

Blog pertamaku, aku bikin lewat wordpress. Alamatnya http://mungiliza.wordpress.com. Dasar gebleg juga, aku bisa daftarnya tp ga bisa olahnya....he he he (mangkrak dah).

Terinspirasi dr blog pertama, aku bikin blog kedua dari blogger. Kali ini inspirasiku karena duit. Iming-2 iklan yg bertubi-2 diinternet setidaknya menggoyahkan imanku juga. Karena sempet dapat info klo wordpress ga bs buat bisnis online, akhirnya aku buat blog keduaku di blogger. Kali ini persiapanku lebih matang, ga cuman mempelajari cara daftarnya tp juga cara operate blogspot itu sendiri. Dan kiblatku dari semua itu adalah blognya kang rohman, yudhim, afatih, dan satu lagi lupa :D.

Go to the second blog (bhs inggris dapat C aja gaya ^_^)

Setelah terbentuk blog keduaku di http://satryo-himeka.blogspot.com, aku coba-2 cari referensi akan konsep blogku itu sendiri. Tp sekali lagi, nyaris semua blog pada ga jujur. Banyak blog yg meniru dan mem-plagiat isi blog satu sama lain. Karena mengetahui akan kenyataan itu, akhirnya konsepku adalah copy paste blog.....he he he

Khan kata pepatah lama : penulis muda tuh banyak meniru dari penulis lain....penulis tua tuh banyak mencuri ide dari penulis lain.

Di blog ini, kelemahanku adalah nyaris semua elemen widget aku tampilin hny krn gara-2 ngeliat blog lain yg lucu, unik, warna warni, iklan sekarung, dll. Hingga tanpa sadar blogku jadi berat akibat terlalu bnyk javascript dan nafsu pengen tau hasil dr bisnis online.

Awal-2, isi postingan blog ini adalah seputar bisnis online hasil copy paste kanan kiri. Tutorial bikin paypal, nawarin reference PTC, tutorial ngasih-2 widget, dll hingga capek-2 sendiri coz ga puas juga klo nyontek hasil karya orang lain. Dan akhirnya blog ini pun mangkrak.

Masih penasaran....?!?! tentu saja donk. Ilmu tuh bikin orang spt aku ga pernah puas. Tp jeleknya, aku juga orangnya gampang bosan.

Blog ketiga pun lahir dengan konsep alumni temen-2 kampus. Sama seperti halnya blog pertama, aku lupa kapan aku mulai bikin-nya :D.

Blog ini isinya hanya seputar kisah temen-2 yg selama ini menghilang,saling tuker info lowongan kerja, kabar temen-2 terkini, FB dan YM temen-2, dll. Awal-2 rame banget buku tamunya (shoutmix-nya). Tp seiring perkembangan FB yg makin merajalela....akhirnya temen-2 bnyk beralih kesono. Kasihan deh aku....he he he. Alamatnya di http://tekkim-upnsby.blogspot.com.

Sampe juga titik kebosananku akan sebuah blog, akan sebuah PTC yg mana duitnya berjalan kayak siput, dll.

Hingga akhirnya bulan desember ini (tanggal lupa lagi), ada sebuah temen yg minta ajarin bikin blog. Dan lahirlah blog-ku ini. Kali ini insya allah lebih mateng dari segi banyak hal spt templates, tata letak, minimnya javascript (kecuali javascript iklan....he he he). Konsep blog ini pd dasarnya spt blog kedua, coz aku ga munafik klo semua ilmu-2 dan hal-2 kecil lainnya aku peroleh dr internet. Tp aku ubah dengan bahasaku sendiri yang ancur....he he he. Sebagian ada juga tulisan murni dr aku sendiri (spt postingan ini).

Berikut kesempurnaan blog, hasil review perjalanan panjang selama ini :

1. Dalam membuat blog, templates adalah hal paling pokok yg (klo menurutku) harus diselesaikan pertama. Carilah templates yg elegan, ato yg simpel, dan perpaduan warnanya ga terlalu mencolok tp warna-2 lembut/netral.

Sekali lagi, ini adalah menurut pandanganku loh.

2. Kurangi javasricpt. Wes, ojo kakean macem. Ga usah pake pasang jam, kalender, tulisan selamat datang, animasi dipojokan bawah, dll. Bikin berat aja tuh widget aneh-2. Cukupkanlah identifikasi blogmu dengan templates yg menarik, shoutmix, about me, tukeran link, alexa, YM, dan pagerank. Utk alexa dan pagerank, terserah juga siy. Klo aku butuh, coz utk memotivasi diriku aja. Terbukti, blog ini awal bikin sekitar tgl 08 des (br inget he he he) di alexa sempet nyentuh 18 jutaan. Turun lagi menjadi 9 jutaan....7 jutaan....hingga 3 jutaan skr ini. Coz intinya, setiap hari masukin 1-3 postingan aja alexa-mu minggu depan naik. Dan alhamdulillah, aku bisa rajin kecuali sabtu-minggu dan hari libur nasional. Coz hari-2 itu aku dirumah, ga ngenet...he he he (blm punya laptop/PC sendiri)

3. Kesempurnaan sebuah blog yang ketiga adalah, jika kmu menggunakan templates bawaan dari si blogger....ilangain aja tuh navbar-nya. Bikin jelek penampilan blogmu....he he he (sekali lagi ojo protes, iki pendapatku dewe). Apa tuh navbar dan gimana cara ngilanginnya....?? Klik disini utk baca artikelnya ato Cara menghapus/menghilangkan navbar pada blogspot.

4. Biar blogmu makin sangar, jangan lupa bikin readmore dan tampilan postingannya ga usah banyak-2. Klo kebanyakan ntar panjang kebawah sampe jauh turun scrollnya. Tampilin aja 3-5 artikel di blogmu. Cara bikin read more, klik disini ato klik "cara membuat readmore pada blogspot"

5. Tiap abis baca sebuah artikel, terkadang dibawahnya suka nongol "related post" ato "baca juga yang ini". Ini sangat penting lho bro....coz biar orang tuh betah berlama-2 baca artikel/postingan di blogmu. Kali aja mereka tertarik, n kemudian menyumbang rasa terima kasihnya dengan mengklik iklan-2 yg nempel di blogmu. Gimana cara bikin related post...?? klik disini ato klik "cara bikin related post pada blogspot"

6. Di bagian depan, tampilkanlah label, archive (biar tau history ngeblogmu), dan daftar isi. Khusus daftar isi ato recent post ato apalah istilahnya, diblogku aku ga nulisin caranya coz itu hny nambahin widget aja n tinggal copy paste javascriptnya. So, ini aku kasih scriptnya deh....ntar daftar isinya persis kaya punyaku lho.

Script untuk membuat daftar isi atau recent post :

<div style="border: 1px solid #000; overflow: auto; height: 400px;">
<script style="text/javascript"
src="http://mizwar.blog.googlepages.com/daftar_isi.js"></script>
<script style="text/javascript">
var numposts = 1000;
var showpostdate = true;
var showpostsummary = true;
var numchars = 100;
var standardstyling = true;
</script>
<script src="
http://beda-ajah.blogspot.com/feeds/posts/default?
orderby=published&alt=json-in-script&max-results=999
&callback=showrecentposts"></script></div>


Tuh yang dikasih tulisan merah maksdunya adalah :
a. Border tuh garis pinggiran (bingkainya) pengen kamu buat tebal tipisnya tergantung selera. Semakin besar angkanya, semakin tebal bingkainya.

b. Height : tingginya daftar isimu/recent post-mu.

c. Var numpost : banyaknya postingan artikelmu yang mau ditampilin disitu. Klo aku, aku kasih 1000 coz konsepku daftar isi, bukan recent post. Makanya archive blog-ku udah aku hapus widgetnya, dan aku ganti daftar isi ini (lumayan ngirit widget).

d. Var numcahrs : banyaknya karakter/basa-basi bahasa blogmu yg ditampilin. Misal, judulnya "wong ndeso". karakter yg ditampilin di daftar isi/recent post "wong ndeso iku wong sing ga ero opo-2 n lugu banget (kira-2 sebanyak 100 karakterlah). Klo ga tau karakter, sobek-sobek lambemu.

e. Ganti alamat blogku dengan blogmu.


7. Kesempurnaan blog yang terakhir adalah menampilkan komentar terakhir temen-2mu. Caranya adalah (utk blog yang berbahasa indonesia), tambah widget bawaan blogger....terus di deretan sebelah kiri klik "paling populer" dan cari "recent post". Atur dah komentar-2nya temenmu. Tp sayang banget, blogku sepi komentar....hiks...hiks....(lebay mode on).

KARENA UDAH KECAPEKAN NULISNYA (ASLI....NIY POSTINGANKU YANG PALING PANJANG, YANG PERNAH ADA), SEKIAN DULU AJAH DEH. NTAR AKU BAHAS LAGI TENTANG CARA MENINGKATKAN TRAFFIC ALA- AKU....HE HE HE

Semoga membantu.





1 komentar:

  1. Ha hay..... setuju, pendapatnya sob. tapi gimana ya kaya punyaku ini..?
    orentasi nya emang informasi bergambar..ikz.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini, tapi jangan ngarepin komentar balik dari saya....ha ha ha. Semoga komentar anda dibalas dengan semakin populernya blog anda dimana-mana.....karena komentar adalah sebagian dari perjuangan.

Daftar isi